RSVP

RSVP
(Rezpondes S’il Vous Plait)

R.S.V.P adalah kepanjangan dari Répondez S’il Vous Plaît. Kata ini adalah dalam bahasa Prancis yang artinya “silahkan balas jika Anda berkenan”.“please (you) reply”.

Kata ini lebih sopan sebagai kata ganti orang kedua karena menggunakan kata “vous” daripada “te” di mana kata ini digunakan untuk menunjuk orang kedua “anda’. Pertama kali istilah ini dimasukkan ke dalam kamus bahasa Inggris pada tahun 1895-1900.

Kata ini digunakan pada surat-surat yang ditujukan untuk orang lain dan arti pesan tersebut adalah untuk segera membalas surat yang dikirim tersebut. Dalam penggunaan lain, singkatan ini juga banyak digunakan pada undangan-undangan yang ditujukan kepada orang dan meminta orang tersebut untuk membalas undangan tersebut dengan pemberitahuan bahwa penerima tersebut sudah menerima atau belum undangan tersebut, dan memberitahukan bisa atau tidak bisa hadir dan dilakukan bisa melalui telepon paling lambat 2-3 hari sebelum acara.

Asal Mula Kata R.S.V.P

R.S.V.P adalah kepanjangan dari Répondez S’il Vous Plaît. Kata ini adalah dalam bahasa Prancis yang artinya “silahkan balas jika Anda berkenan”.

Singkatan ini juga banyak digunakan pada undangan-undangan yang ditujukan kepada orang dan meminta orang tersebut untuk membalas undangan tersebut dengan pemberitahuan bahwa penerima tersebut sudah menerima atau belum undangan tersebut.

Bagaimana kata R.S.V.P menjadi sebuah trend yang dipakai dalam undangan pernikahan atau acara lainnya? Sejarahnya bermula sekitar abad ke-11, pada saat itu bahasa Prancis menjadi sebuah bahasa yang hanya digunakan para elit di negara Inggris. Hal ini terus berlanjut selama beberapa abad. Penggunaan bahasa Prancis juga menjadi sebuah trend di Amerika Serikat. Bahasa Prancis digunakan sebagai bahasa peradaban sampai sekitar abad ke-19. Pada saat ini, semakin banyak dan frasa kata Prancis yang di serap menjadi bahasa Inggris, contohnya etiquette.

Ironisnya, orang-orang Prancis sudah tidak menggunakan kata R.S.V.P, mereka lebih menggunakan kata Prière de Répondre.

REGRETS ONLY

Makna regrets only adalah jika nggak bisa datang, sebaiknya memberi informasi misalnya melalui tertulis baik e-mail, atau pesan lainnya selambat-lambatnya 5 – 7 hari sebelum acara berlangsung. 🦋