Be A Professional

Kata “Profesional” sudah dikenal di kalangan masyarakat luas. Namun, pengertian yang muncul seolah-olah hanya ditujukan bagi kalangan manajer.

Padahal, sesungguhnya istilah “Profesional” berlaku untuk semua kalangan, dari tingkat atas sampai ke tingkat paling bawah.

Secara sederhana “Profesional” dapat diartikan sebagai suatu kemampuan dan ketrampilan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan menurut bidang dan tingkat masing-masing, dalam situasi dan kondisi apapun, serta bersifat terus-menerus. Hasil dari pekerjaan yang dilaksanakan itu, bila ditinjau dari semua sisi sudah sesuai dengan porsi, objektif, dilaksanakan tepat waktu atau dengan jangka waktu yang relatif singkat. Sempurnanya hasil pekerjaan, selain pelayanan dan perilaku yang diberikannya, menyebabkan sulitnya pihak lain untuk mencari-cari celanya. Personel yang semacam ini, di dalam organisasi di sebut “Tenaga Profesional”.

Sebenarnya, penggunaan istilah “Profesional” tidaklah semudah yang digambarkan banyak orang. Tetapi, mereka yang mengerti akan istilah “Profesional” baru berani mengatakan bahwa sebuah perusahaan dikelola oleh tenaga-tenaga “Profesional”, bila perusahaan dapat memperlihatkan hasil kerja selama bertahun-tahun, baik dari segi kualitas hasil produksinya maupun dari segi pelayanan. Kehadiran perusahaan tersebut mampu merebut hati masyarakat banyak. Tetapi jika sebaliknya, perusahaan mengalami goncangan, orang akan segera mengatakan bahwa perusahaan itu tidak dikelola oleh tenaga-tenaga profesional.

Seseorang atau tenaga “Profesional” tidak dapat dinilai dari satu segi saja, tetapi harus dari segala segi. Selain keahlian dan ketrampilan yang dimiliki, juga perlu diperhatikan sikap dan mentalitasnya.

Jadi, “Seorang Profesional” adalah seseorang yang memiliki keahlian dan ketrampilan, juga sikap mental dan tingkah laku yang terpuji. Segala sesuatu yang dihasilkan dari perbuatan dan pekerjaannya dijamin berada dalam kondisi terbaik dan mendapat penilaian yang objektif dari semua pihak.

🦋

Leave a comment